Meredakan Audience Garang

 Tips untuk menghadapi audience yang agresif atau pertanyaan-pertanyaan yang muskil Presentasi bisnis selalu meregangkan urat syaraf, apa yang harus dilakukan bila berhadapan dengan audience yang garang?

 

KETAHUI DAN PAHAMI AUDIENCE

 

Dengan melakukan riset seperlunya, Anda bisa menyesuaikan presentasi Anda agar terhindar atau mampu meredakan isu-isu yang peka. Dalam suatu brifing yang tertutup, daftar peserta semestinya lebih mudah diperoleh. Dalam suatu forum yang lebih terbuka, EO yang bersangkutan biasanya menyediakan daftar peserta. Mengenali seluk-beluk mereka, melihat-lihat jurnal atau laporan-laporan perusahaan atau bahkan manual teknisnya, bisa membantu riset Anda.

 

HINDARI JARGON

 

Jika Anda ingin menggunakan jargon atau kata-kata sulit, pahami dan kuasailah jargon itu dengan komprehensif. Bahasa sehari-hari selalulah yang terbaik. Dan jika memang ingin menggunakan jargon, latihlah efeknya pada pendengar. Jika tidak sebanding dengan hasilnya, gunakan saja kata-kata biasa.

 

JANGAN GUGUP OLEH AUDIENCE YANG AGRESIF

 

Jika seseorang menantang presentasi Anda, layani mereka tapi jaga jangan sampai dialog berkembang terlalu jauh. Tidak perlu bicara kasar. Dari pada merespon secara gamblang berkaitan dengan isu yang dilontarkan, lebih baik menutupnya segera dengan beranjak ke bahasan berikutnya. Lakukan ini tanpa jeda.

 

JANGAN HINDARI PERTANYAAN SULIT

 

Ada pertanyaan-pertanyaan yang Anda tidak mau menjawabnya, dan ada pula yang Anda tidak bisa menjawabnya. Dalam kasusu yang terakhir, jangan coba untuk memberikan jawaban palsu. Akui saja bahwa saat itu Anda tidak punya jawaban, dan tawarkanlah kepada mereka untuk menjawabnya segera setelah sesi presentasi. Jika permasalahannya berada di luar “wilayah kekuasaan” Anda, dan ada partner yang menguasainya di sebelah Anda, lemparkan saja kepadanya.

 

JIKA TIDAK INGIN MENJAWAB PERTANYAAN

 

Jelaskan dengan sopan kepada audience bahwa Anda tidak akan menjawabnya, tambahkan frasa-frasa “pelembut” agar mereka tetap berada di pihak Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s