supir kog ngatur reporter?

“Ayo mas..kita liputan ke kabupaten ini….liputannya tentang ini..dan ini…kayaknya banyaknya yang mesti kita liput hari ini”

 

begitulah sekilas bayangan, ketika anda bekerja menjadi seorang jurnalis dengan ditemanin seorang driver. Anda akan diantarkan kemanapun sesuai lokasi yang anda inginkan. Mulai dari berita ringan, berita berat…feature, mereka akan menemani anda untuk liputan. Sungguh sebuah kerjasama yang baik antara kedua pihak, dan mengerti akan tugasnya masing-masing.

        Namun celaka 12, bagaimana jika anda tiba-tiba diatur oleh seorang driver/ pengemudi untuk liputan? Karena malasnya si driver langsung “menskak match” cukup 1 lokasi membawa 3 berita. Ha…

        Cerita lelucon ini memang pernah terjadi, dan mungkin kerap saja akan terjadi di sebuah institusi televisi lokal. Karena kurangnya kesadaran atau tidak mengerti fungsi dan tanggung jawabnya, si reporter langsung “manut” dan si driver ibarat manajer sehari bersama reporter. Atau jangan-jangan karena tampang si pengemudi kesal dan wajah memerah tanpa alasan. si reporter justru takut  menegur. Biasanya kalau kondisi seperti ini, si driver jangan dilawan, pasalnya anda akan dihadapkan pada sebuah olah raga “sport jantung”  Mengapa tidak? Si pengemudi akan membawa kendaraan secara ugal-ugalan ke lokasi lain, dengan “diam tak bertuan” tampang kriminal, raut wajah berkerut seakan-akan terkena musibah.

        Konflik antara pengemudi dan reporter ini bisa disebabkan beberapa hal: pertama, si pengemudi tidak mengerti tugasnya, dan tidak mengerti nilai sebuah berita. Kedua, apakah terjadi konflik antara si pengemudi dan reporter.. tapi biasanya perisitiwa kedua ini sering terjadi, terutama konflik. Mengapa? Pernah sebuah peristiwa terjadi ketika seorang reporter melakukan peliputan di sebuah hotel dan di tempat yang biasanya selalu ada “ampau” biasanya si reporter sudah mengerti lokasi mana yang bisa menghasilkan duit. Nah, si driver sudah tau kalau si reporter yang satu ini biasanya mencari “ampau” dan “ampau”. Setiap reporter memperoleh ampau, selalu tidak pernah share dengan driver, akhirnya si driver selalu kesal dengan si reporter.

        Saat kembali ke kantor, si reporter mengadu ke koordinator liputan menjelaskan, bahwa dirinya tidak berhasil update tentang berita penggusuran…..”kenapa?” jawab koorlip… lalu reporter mebalas“pasalnya driver minta liputannya ndak usah jauh-jauh, males…” lho..kog….

        Contoh-contoh kecil di atas adalah peristiwa yang selalu menghantui kalangan jurnalis jika dibayar kecil, sementara mereka harus bekerja full untuk mencari berita. Nah jika mereka dibayar kecil, hasil kinerjanya pun menjadi kecil….meliput sesuai dengan  kebutuhan kantongnya saja.

        Driver dan reporter..adalah satu tim hanya  saja fungsinya berbeda-beda. Kedua unsur ini merupakan satu bagian yang paling penting. Pasalnya mereka sama-sama berada di lapangan dan saling membutuhkan dan saling memahami. Tapi jika driver ini seperti ini tetap ngeyel, perusahan mau tidak mau harus mengambil tindakan memberi peringatan, atau tindakan berat yaitu PHK. “Supir kayak gitu kog dipakai…..”

        Hilangnya pemahaman siapa yang nurut dan sapa yang mesti diturutin, membuat liputan anda menjadi kacau, bahkan moment yang seharusnya penting tidak jadi diliput. Begini nih, jika tidak ada prosedur kinerja yang jelas, yang dirugikan adalah instansi terutama si reporter sendiri.

        Emang sudah tidak dapat dibayangkan lagi, kalau seorang driver bisa-bisanya mengatur jadwal liputan seorang reporter. Dan sudah tidak dibayangkan lagi, dimana letak tanggung jawab manajemen melihat kinerja seorang karyawannya. Semua tergantung keputusan dari pihak perusahaan, apakah tetap mempertahankan si driver ato di…..

One thought on “supir kog ngatur reporter?

  1. Artikelnya bagus menambah wawasan saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya…Teman boleh minta bantuannya? Saya lagi ikut lomba Speedy Blogging Competition 2008, dimana criteria penilaiannya blog adalah banyak pengunjung, posting dan komentar. Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Please….. Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya posting 3 artikel tolong komentarnya, komentarnya harus berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s