Ini Bisnis Komunikasi

Televisi merupakan bisnis komunikasi artinya semuanya berhubungan dengan komunikasi dengan masyarakat. Bagaimana cara televisi tersebut dapat berkomunikasi dengan masyarakat dan menarik perhatian dari masyarakat. Bisnis komunikasi ini terbagi atas beberapa bagian, diantaranya: Program dan  Penyiar

Kedua unsur ini merupakan salah satu kekuatan dari dunia televisi disamping dari kekuatan lainnya seperti teknologi dan prasarana lainnya. Apalagi kedua unsur ini saling berkaitan dalam sebuah siaran. Misalnya program talkshow, pemberitaan. Keduanya saling berkaitan. Ibarat sebuah menu makanan yang saling mendukung dari segi penyajian dan rasa makanannya.

Banyak kasus ketidakseragaman antara program dan penyiar selalu muncul yang alhasil membuat program tersebut menjadi tidak efektif dan membosankan. Semua titik utama ada di presenter…Jika sebuah program awalnya tidak menarik akan dapat  diperbaiki dengan cara si presenter membawakan acara tersebut. Namun jika presenternya tidak menarik, maka program apapun yang dibawakannya akan membosankan.

 Seorang penyiar harus menyadari bahwa mereka adalah aset untuk bisa mengembangkan televisi tersebut. Ibarat sebuah duit yang bisa memberikan apa saja untuk mengembangkan sebuah usaha. Your asset is YOURSELF. Therefore You should consistently develop Your values by increasing Your knowledge, capacity, skills, and productivity.

Keistimewaan dunia televisi terletak pada kepandaiannya dalam “storytelling” sebuah berita, atau memunculkan video peristiwanya, maupun juga wawancara blak-blakan dengan seorang narasumber yang kompeten. Tuntutan & keinginan pemirsanya harus dipenuhi Stasiun TV tsb dan si penyiarnya sendiri. Kalau Anda ingin jadi Penyiar Berita TV tapi tidak mengerti ketiga hal tsb, sebaiknya Anda beralih ke profesi yang tidak terlalu “melayani orang lain”.

2 thoughts on “Ini Bisnis Komunikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s