merk Hondamu apa? ya…Yamaha/ Suzuki

Ini sekedar cerita unik pengalaman saya saja dari Sumatera Utara. Dulu…ya sekitar tahun 1990-an sampe sekarang sepeda motor merupakan salah satu transportasi paling efektif untuk dipakai ke mana-mana, bahkan mau yang model butut hingga model sepeda butut bermesin masih tetap menjadi incaran dan favorite. Bahkan tanpa disadari merk sepeda motor yang dipakai di daerah tempat saya rata-rata sama. Apa tuh, HONDA. Bahkan bisa saya sebutkan produk ini merupakan produk yang dibanggakan di daerah tempat saya, karena bandel, irit, dan bisa dibawa ke segala medan.
Bahkan merk honda sudah bukan merupakan sekedar merk, melainkan sebagai kata ganti benda. Jadi, ketika seseorang bertanya “Hondamu merk apa?” lalu yang lain menjawab “Merk Yamaha” “Merk Suzuki” hahaha…. Bahkan kebiasaan mau beli motor, selalu mengatakan beli motor honda saja, eh tetapi perginya ke merk lain…hahaha

Kebiasaan lucu ini teringat kembali oleh saya, ketika saudara saya datang ke Jakarta dengan menanyakan pertanyaan yang sama…..hingga akhirnya saya ketawa sendiri….hahaha….

Soo…apa yang bisa kita tangkap dari cerita singkat ini, bahwa loyalitas merupakan kunci kesuksesan sebuah produk bagi pelanggannya.Loyalitas juga mempunyai arti bagi pelanggan? Tentu. Pertama, mengurangi resiko. Dengan tetap memakai merek yang telah terbukti memberi kepuasaan, berarti mengurangi resiko mendapatkan produk atau jasa yang tidak sesuai dengan harapannya. Bagi pelanggan, loyalitas terhadap suatu merek sama artinya dengan menyederhanakan berbagai pilihan ketika membuat keputusan pembelian. Ini berarti menghemat waktu pencarian, menciptakan transaksi yang lebih efisien, dan menghilangkan switching costs.

Cerita ini bukan bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk, namun melainkan cerita nyata yang saya alami, mungkin juga bagi sebagian orang yang tinggal di Sumatera Utara.

2 thoughts on “merk Hondamu apa? ya…Yamaha/ Suzuki

Leave a Reply

