Mari Galakkan ‘A Tree for a Child’

Accor, operator hotel internasional terbesar di Indonesia dan Asia Pasifik,  menegaskan kembali komitmen perusahaan terhadap program sosial dan pelestarian lingkungan berkelanjutan melalui programA Tree for A Child’ (ATFAC). Didirikan oleh Accor dan Yayasan Peduli Tunas Bangsa pada tahun 2001, program ini memiliki dua tujuan utama yaitu pengentasan kemiskinan dan pelestarian lingkungan melalui empat pilar utama: pendidikan, kesehatan, nutrisi dan penghijauan. Hingga saat ini, Accor, didukung oleh jajaran eksekutif puncak dan tamu hotel, telah menggalang dana lebih dari 3 miliar Rupiah yang disalurkan untuk membantu menyediakan layanan kesehatan dan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu sebagai upaya mengentaskan kemiskinan, menanam hutan kembali di Jawa Tengah dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi para petani lokal.

Kegiatan anak-anak belajar di sanggar A Tree for a Child, didampingi oleh Ade Noerwenda, Human Resources Director, Accor Malaysia-Indonesia-Singapore.

Gerard Guillouet – Vice President Accor Indonesia, Malaysia and Singapore berkata, “Accor hadir di Indonesia sejak tahun 1993 dan telah mengoperasikan 40 hotel di 18 kota di seluruh Indonesia. Sejalan dengan peranan kami sebagai pemimpin di industri hospitality di Indonesia, kami juga berada di posisi terdepan dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) di industri perhotelan yang berfokus kepada pendidikan anak-anak serta pelestarian lingkungan karena kami percaya kedua elemen ini merupakan aset bangsa yang paling berharga.”

Gerard Guillouet adalah penggagas di balik program Accor ATFAC yang mendukung program peningkatan pendidikan serta kesehatan bagi anak-anak kurang mampu di Jakarta, dan pada saat yang bersamaan menyediakan dukungan untuk orang tua/ keluarga agar tetap dapat menyekolahkan anak-anak mereka. Program ini juga membentuk siklus yang saling mendukung antara elemen pelestarian lingkungan, penyediaan lapangan pekerjaan bagi para warga setempat dan penyediaan sumber dana pendidikan anak-anak. Accor telah menanam pohon untuk kelangsungan program ini di kemudian hari dan oleh karena itulah program ini dinamakan ‘A Tree for a Child.’

Accor mengajak seluruh perusahaan ataupun individu yang berjiwa sosial mengunjungi www.atfac.org untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program ini serta mendorong mereka untuk berpartisipasi.

Proyek penghijauan Accor telah berhasil menghijaukan kembali 70 hektar lahan hutan rakyat, dan menanam lebih dari 100.000 pohon sengon sekaligus menyediakan lapangan pekerjaan bagi 150 petani lokal. Lahan penghijauan tersebut adalah hasil program kerja sama Pengelolaan Hutan dengan Kementerian Kehutanan Indonesia, CIRAD dan CIFOR di Jawa Tengah. Setelah delapan tahun, pohon-pohon tersebut akan dapat dipanen dan hasilnya dibagi sebagai berikut:

  • 40% untuk Perum Perhutani
  •  30% untuk para petani
  •  30% untuk Yayasan Peduli Tunas Bangsa (A Tree for a Child), yang diinventasikan kembali ke dalam program pendidikan

Perusahaan umum Perhutani menyediakan lahan milik pemerintah bagi petani lokal, yang menggarap lahan tersebut, menjaga pohon serta memetik manfaat dari sistem tumpang sari. Accor menyediakan bibit tanaman yang akan ditanam serta memonitor pelaksanaannya.

30% hasil yang diberikan kepada Yayasan Peduli Tunas Bangsa nantinya akan digunakan untuk mendukung program-program pendidikan bagi anak usia 10 hingga 16 tahun. Pada dasarnya program ini bertujuan agar anak-anak dapat bersekolah, mendukung kegiatan belajar mereka baik di sekolah maupun di sanggar yayasan sekaligus menjaga kesehatan dan asupan nutrisi anak-anak. Setiap tahun Yayasan Peduli Tunas Bangsa menyediakan beasiswa pendidikan dan dukungan bagi puluhan anak-anak.

Sejak tahun 2001, ratusan anak-anak memperoleh manfaat dari dua sanggar pendidikan yang dibangun dan dioperasikan oleh Yayasan Peduli Tunas Bangsa (di Jakarta dan Semarang). Kedua sanggar ini menyediakan layanan kesehatan, kebutuhan pangan sehari-hari, perpustakaan serta kelas komputer dan Bahasa Inggris bagi anak-anak penerima beasiswa. Program tutorial juga diberikan kepada siswa-siswi sekolah menengah atau sekolah kejuruan, dan Accor memberi kesempatan bekerja di jaringan hotel Accor kepada semua anak-anak tersebut setelah mereka lulus.

Sejumlah manajemen Accor, turut mendampingi beberapa anak-anak yang menjadi bagian dari program ‘A Tree for A Child’ (ATFAC).
Taru J. Wisnu, Poverty Reduction Unit, United Nations Development Program (UNDP) Indonesia, mengatakan, “Komitmen kokoh Indonesia untuk mencapai target Millennium Development Goals tercermin dalam kemajuan bertahap yang dicapai bangsa Indonesia dalam usaha pengentasan kemiskinan serta pemerataan pendidikan dasar umum. Walaupun kemajuan untuk mencapai tujuan tersebut berada pada jalur yang tepat, namun krisis ekonomi global dan perubahan iklim yang ekstrim mengancam kesuksesan usaha bersama para pemangku kepentingan yang sebenarnya telah mencapai kemajuan signifikan untuk mengatasi kemiskinan.”

“Dengan sekitar 32 juta masyarakat yang masih hidup dalam garis kemiskinan, situasi yang sering berubah-ubah membutuhkan tanggung jawab sosial yang lebih besar serta tindakan nyata untuk memastikan bahwa kelompok masyarakat rentan memperoleh lebih banyak kesempatan untuk keluar dari belenggu kemiskinan dan menjalani kehidupan yang lebih baik. Kerja sama yang semakin meningkat dengan pihak-pihak lain di masyarakat, melalui inisiatif Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang dilakukan oleh pihak swasta serta kemitraan yang lebih erat dengan berbagai organisasi lain sangatlah penting untuk mendukung usaha-usaha pengentasan kemiskinan demi kesejahteraan jutaan rakyat di seluruh Indonesia. UNDP meningkatkan kemitraan lokal dan global untuk pembangunan serta bekerja sama dengan pemerintah dan mitra kami dalam usaha pengentasan kemiskinan.”

Gerard Guillouet berkata, “Program A Tree for a Child adalah sebuah inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang melibatkan banyak unsur di Accor termasuk karyawan, para tamu hotel dan mitra-mitra kami. Kami bangga akan pencapaian kami selama ini dan berkomitmen untuk terus mengembangkan program ini. Secara nyata, program ini telah membawa perubahan bagi masyarakat di Jakarta dan Semarang.”

Accor belum lama ini telah menyelesaikan audit mengenai proyek A Tree for a Child untuk memperoleh visibilitas dan tolok ukur terhadap program ini. Hasil audit berupa scorecard ini mengukur dampak program tersebut terhadap masyarakat terkait dan karyawan Accor. Scorecard tersebut akan diperbaharui setiap tahun, dan hal ini akan membantu memastikan efektivitas yang berkelanjutan atas program sosial ini serta membantu ATFAC dalam mencapai tujuannya.

One thought on “Mari Galakkan ‘A Tree for a Child’

  1. Waktu sekolah dasar, saya termasuk ke dalam penerima beasiswa Accor, namun karena kepindahan saya dari SDN 09 Petang, Penjaringan ke bilangan Jakarta Barat, sy tidak lagi tahu tentang Accor.
    Kini selepas kuliah s1 yang juga di biayai presiden SBY melalui beasiswa Bidikmisi, rasanya sy ingin kembali merasakan kontribusi di dlm Accor utk adik-adik yang memang kurang mampu di sekolah2.
    Bagaimana caranya berkontribusi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s