Bisnis Alfamart: Duduk manis, bisnis berjalan, tiap bulan Jalan-Jalan!

“Mengembangkan usaha itu memang tidak mudah terutama agar bisa menjadi sukses. Berbagai usaha retail telah saya jalani, namun keuntungannya masih belum terasa, bahkan banyak mengalami kerugian. Awalnya toko saya ini adalah toko kelontong, namun dengan melihat prospek pasar modern semakin membaik dan berkembang, saya tidak disangka setelah menjadi anggota Alfamart usaha Alfamart saya ini memberikan keuntungan yang besar, bahkan diluar target yang saya perkirakan. Dengan adanya bisnis ini telah membuktikan, bahwa Alfamart tidak hanya memberikan janji, namun juga fakta”—Ungkap Wira, salah satu pemilik gerai Alfamart.

Kutipan ini ini berdasarkan pengalaman salah satu rekan kerja saya yang juga membuka bisnis alfamart.

Sahabat saya ini, posisisnya sebagai asisten manager untuk salah satu usaha retail juga. Kegiatannya setiap hari hampir sama dengan rekan kerja lainnya, mengerjakan tugas berdasarkan tanggungjawabnya masing-masing. Bahkan segala pekerjaan yang dijalaninnya cukup confidence dan nyaman, penuh tanggung jawab.

 Setiap hari wajahnya tampak cerah dan bahagia, tanpa ada memikirkan masalah yang berat terutama menghadapi persaingan yang ketat di poisisinya saat ini. Mau dimarahin bos, dia tetap tersenyum, dia tetap mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab dan sabar. Bukan itu saja, dengan posisi seperti dia ini justru sudah memiliki mobil terlebih dahulu ketimbang managernya saat ini, bahkan diperoleh dari modalnya sendiri. Kalau bosnya khan memang sudah didapat dari fasilitas kantor.  

 Setiap bulan jalan-jalan baik ke Luar Negeri ataupun ke dalam negeri, tanpa mengeluarkan sepersepun dari hasil gaji yang dia peroleh. Bahkan beberapa Negara sudah dia jalanin beberapa kali. Tak takut di PHK dan potong cuti, dia menjalaninnya dengan enjoy.

 Bermasalah dengan system HRD yang terkadang membuatnya jengkel? Hmmm pernah dialaminya, namun dihadapinya dengan tenang.  Apa sih Pak Wir yang membuat dirimu cukup semangat dan tenang menghadapi semua ini, bahkan bisa beberapa kali jalan-jalan ke Luar Negeri?

 “Mau tau Har? Sebenarnya saya memiliki bisnis sampingan, kita tinggal duduk manis bisnispun berjalan” Ungkapnya. “Memang apa pak, jangan-jangan bisnis Narkoba hahaha” lanjut saya penuh canda. “Gile loe har, ini bisnis halal namanya franchise Alfamart har…”

Apa kata Pak Wira dan pengalamannya itu benar. Bisnis Alfamart yang dijalankannya ini tergolong sukses, walau gerai yang dimilikinya sederhana. Meski membutuhkan dana besar, namun dari dana besar tersebut akan menghasilkan untung yang besar pula, bahkan tidak perlu memikirkan hal ini itu. “Bahkan Har untuk ukuran sebuah retail saja, harga yang ditawarkan masih cukup rendah dari beberapa usaha retail lainnya” Tegasnya.

Semuanya juga sudah terbukti dari hasil riset AC Nielsen bahwa Alfamart lebih unggul dalam hal pelayanan dan promosi dibandingkan retail lainnya.

Awalnya kita hanya menyediakan gedung yang strategis yang dapat mengundang pengunjung datang ke toko kamu. Pastinya dong! Pengunjung adalah salah satu faktor utama yang harus kamu pikirikan agar para pengunjung bisa mampir tiap hari. Apalagi Alfamart selalu menerapkan standar lingkungan yang bersih agar pelanggan nyaman berbelanja, yang nantinya menjadi gerai pilihan pelanggan terbanyak.

Trus gimana dengan infrastruktur lainnya?

“Tidak usah khawatir! Urusan promo, stock barang, karyawan, training dan outlet semuanya sudah kita serahkan ke pihak manajemen Alfamart. Kita hanya tinggal terima beres saja. Kecuali, kalau terdapat urusan penambahan karyawan, perbaikan gedung maka pihak Alfamart akan selalu berkoordinasi dengan kita, Enak khan”

 Takut salah pilih gedung?

“Jangan khawatir Har…” Alfamart tidak akan lepas tangan. Alfamart memiliki tim surveyor yang ahli dalam memilih lokasi bisnis yang strategis, apalagi mereka sudah mendapatkan penghargaan World Class Quality Achievement. Contohnya saja nih, kalau kita sering memperhatikan gerai alfamart yang baru dibuka, pasti gerai sejenisnyapun akan ikut-ikutan buka di bulan berikutnya. Fakta ini menunjukan bahwa hasil survey dari Alfamart sudah strategis dan terbukti.

Selama pengalaman Pak Wira, Alfamart itu selalu membawa nuansa pelayanan yang baik, bahkan produk yang mereka berikan berkualitas, harganya tidak membuat kantong bolong, promonya juga menarik dan banyak hadiahnya, ditambah lagi adalah tampilah outlet alfamart yang menarik.

Pengalaman saat memiliki usaha kelontong, Pak Wira lebih banyak menghabiskan pekerjaan di toko daripada di kantor, apalagi kalau karyawannya mengundurkan diri.  Belum lagi mencatat ketersediaan stock barang, dan memenuhi stock barang. Namun saat bermitra dengan Alfamart, semua pengerjaannya dikelola lebih praktis dan terencana secara modern. Tidak pernah terbayangkan olehnya akan memiliki pasar modern saat ini.

Tidak perlu takut bangkrut untuk menjalankan usaha ini, berdasarkan data bahwa tingkat keuntungan usaha waralaba di Alfamart lebih tinggi daripada suku bunga deposito. Pastinya akan memperkecil resiko kerugian setelah bergabung dengan bisnis waralaba Alfamart.

Ilistrasinya seperti ini, Pak Wira saat ini membuka usahanya di daerah yang jauh dari perkotaansalah satunya di daerah tangerang. Luas toko yang standar alfamart 150 – 250 m2, dirinya mampu meraup minimal Rp. 8.000.000/ hari lho. Jadi jika sebulan dia bisa meraup rata-rata terendah sekitar Rp.248.000.000,-. Itu masih ukuran terendah, belum keuntungan di atas rata-rata, terutama memasuki musim liburan maupun hari raya. Kamu harus bilang WOW!! Karena dirinya bisa meraup sekitar Rp.200.000.000/bulan.

Status usaha sampingan yang memiliki keuntungan sekitar Rp. 248 juta per bulan, merupakan sebuah keuntungan yang besar. Kini, dengan keuntungan yang diperoleh oleh Pak Wira, dirinya mampu memenuhi kebutuhan keluarganya dan pendidikan anak-anaknya di masa dengan. Tidak khawatir jika terjadi PHK, dan tidak khawatir adanya krisis. Apalagi ke depan diperkirakan pasar modern akan semakin meningkat di Indonesia. Belum lagi dirinya sering meluangkan waktu untuk berwisata ke sejumlah daerah dengan modal usahanya sendiri.  “Pokoke, bagaimana pengusaha besar dapat menggandeng pedagang kecil, serta memberikan bimbingan dan edukasi agar mereka dapat menjalankan roda usahanya dengan baik” senyum Wira.

“Sekali menyelam, dua tiga pulau terlampaui” Sekali mengembangkan usaha, Pak Wira juga sudah dapat mempekerjakan masyarakat sekitar di tokonya, setidaknya dapat membantu warga sekitar untuk mencari pekerjaan.

Jadi, bagi anda yang ingin bergabung atau bermitra dengan bisnis waralaba Alfamart tidak perlu khawatir akan merasa dirugikan, karena Alfamart memiliki segudang prestasi sejak 2007-2011. Alfamart juga merupakan jaringan minimarket pertama di indonesia yang memiliki sertifikat ISO 9001:2000 untuk manajemen mutu Alfamart juga memiliki ratusan jaringan ritel yang cukup luas di indonesia.

Sebagai informasi saja, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan untuk membuka gerai alfamart, diantaranya:

  1. WNI
  2. Memilki Badan Usaha (PT/CV/Koperasi)
  3. Sudah atau akan mempunyai lokasi usaha dengan luas 150 – 250 m2
  4. Memenuhi persyaratan perijinan (ijin tetangga; ijin domisili; SIUP; TDP; NPWP & NPPKP; STPUW; IUTM (untuk daerah tertentu)
  5. Bersedia mengikuti sistem & prosedur yang berlaku di Alfamart.

20 thoughts on “Bisnis Alfamart: Duduk manis, bisnis berjalan, tiap bulan Jalan-Jalan!

  1. paten dah, alfamart, jgn lupa indomart juga ada
    eh iya sekarang yg lg in itu sevel, hehehe….

    btw, bisnis macam ini banyak impact lho, terutama buat para pedagang kecil hehehe…
    dan bisnis macam sevel (711) impact utamanya adalah anak2 (sekolah) lebih suka nongkrong ketimbang belajar hehehe…

    suksess oom sihar, mampir juga donk ke blog ane budicanggih.wordpress.com

  2. bagaimana utk di daearah aku,yg terletak di pedesaan…..tapi sudah rame penduduknya…apa bisa di tinjau tempat lokasi nya…

  3. 8 jt/hari itu omzet ato keuntungan bersih apa kotor.
    Coba d itung lagi mulai dr
    1. Modal tanah
    2. Modal bangunan
    3. Isi toko
    4. Biaya operasional
    5. Gaji karyawan
    6. dsb.
    Sy rasa 1 toko dg laba bersih 8jt/hr ato 240jt/bln amat sangat mustahil bin ajaib.
    Bila ada yg mau kasih pencerahan dg benar monggo d jwb.
    Trim’s

  4. Profit 8 jt/hari ??? Laba Kotor Kali ya. 80jt x 30 hari = 240 it. Kalo diambil profit rata-rata 15% dpt nya 36 jt . biaya lain-lain APA gak dihitung ?

    1. 8 juta itu omzet per hari ,, hitungan kasar nya omzet 8juta/hari bila dihitung pegeluaran belanja dan biaya operasional investor dapat sektiar 6-10 juta perbulan dan itupun belum termasuk sewa tempat (klo sewa) atau cicilan bank klo beli tempat nya via pinjaman bank,

  5. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ,saya mau mencoba tuk bergabung dgn alfamart,tapi saya tdk tahu cara nya,sya memiliki tmpt yg layak tuk alfamart dgn Lokassi yg sangat strategis dan berada di huk,dengan luas bangunan 200m lantai bwh dan 200m lt ats,di depok 2timur,tepat nya di jln marzuki ali dkt percetakan gema insani.mohon informasi donk kawan?? 08170744387

  6. Saya punya lahan gede di daerah warung awi kelurahan taman sari kabupaten bogor.di depan lahan saya sudah berdiri indomaret. Penjualannya rame karna berjarak 1 kl bru ada indomaret lagi yg laen jadi didaerah itu blum ada alfa mart. Jika minat bisa menghubungin 08111190811

  7. Sy pny sebidang tanah yg rencana sy mau sy sewakan bt alfamart at indomart.brgkli ad yg berminat dr pd kosong tempt sgt strategis di daerh solo

  8. saya punya tanah mau disewakan ke alfamart.jl kondisi ramai.acses jln banyak yg lewat kendaraan dan pejalan kaki.luas tanah sekitar 200m persegi.rencana mau saya sewa buat alfamart.jika berminat mohon datang kan surveyer.yah.ke alamat .jln H gandun.pondok labu rt 004 rw 08 no 21.jakarta selatan.contac marjuki 089643230116.ditunggu responnya.yah.thx

  9. Sy punya ruko sy jg ingin frences dialfamart,acses jln lumayan sdh ramai gmn caranya…tlg didatangkan surveyer ya…permhan puri bukit depok blok F1 nomer 2 sasak panjang tajur halang bogor.ditunggu responnya ya…contac sri nengsih 085695342555

  10. Hahaaaaaa penipuan.. … Saya yakin itu 8.000.000 /hari tuh SPD (sales perday) biasanya toko yg sales 8 jt itu margin / keuntungan paling 800 – 1 jt (kotor) itupun kalau murni jualan toko kalau yg ngejual MRO marginnya lebih kecil
    Nah hitung sendiri misal 1 jt perhari, 1 bln paling 30 jt, 30 jt dibagi 2 sama perusahaan jadi 15 jt, belum biaya fee franchise, belum gaji karyawan,belum biaya operasional, belum pajak dll

    Saya kira lebih untung bikin minimarket sendiri(mandiri), modal paling 10% dari franchise alfamart dan keuntungan pasti lebih besar

    Saya mantan kepala toko alfamart

    1. 800-1jt perhari? wah saya tdk pernah dengar gan kl segitu. kalaupun ada, artinya lokasi dan letak yang kurang menguntungkan. Jika demikian harus di takeover.Tapi rata2 keuntungan dominan itu diantara 3-4jt perhari iya. biaya fee franchise, itu sudah TOC di kontrak pertama untuk 5thn om. Mau buka sendiripun itu juga lebih bagus gan, semua tergantung kesiapan dan keberanian aja. Thank u informasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s