Galakan Satu Pohon Untuk Satu Orang!

"Menyadarkan anak-anak sejak dini, akan pentingnya melestarikan lingkungan hidup"
“Menyadarkan anak-anak sejak dini, akan pentingnya melestarikan lingkungan hidup”

Pernahkah kamu membayangkan bahwa suatu saat kamu memiliki sebuah pohon yang diberi label nama  sesuai dengan namamu sendiri? Pohon ini kelak akan kamu jaga belasan hingga puluhan tahun lamanya, hingga nantinya pohon ini bermanfaat bagi semua orang.

Impian ini sepertinya tidak hanya mimpi, impinan ini merupakan sebuah kenyataan yang dapat dipraktekan di lingkungan kita. Salah satunya di desa Kaliurang, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta.

Kaliurang yang merupakan desa wisata alam yang tidak jauh dari puncak gunung merapi ini, memiliki beribu hektar lahan perkebunan dengan jutaan pohon yang terbentang di wilayah perbukitan. Untuk memelihara kelestarian alam ini bukanlah sesuatu hal yang gampang, karena membutuhkan kesadaran dari masyarakat sekitar untuk ikut berpartisipasi melestarikannya.

Bagaimana cara melestarikannya? 

Ternyata caranya sangat unik dan benar-benar ikut menyentuh hati masyarakat untuk ikut melestarikannya.  Caranya adalah dengan memberi label identitas kepemilikian di setiap pohon yang dipilih. Masyarakat baik anak-anak, orang tua, pengunjung maupun turis sekalipun dapat secara bebas memilih pohon mana  yang ingin ‘dimilikinya’ kelak.

Tidak heran hutan lindung di desa Kaliurang ini, kita dapat menemukan ratusan pohon yang sudah diberi label berdasarkan namanya masing-masing, bahkan nama sejumlah tokoh pentingpun dapat kita temukan di hutan ini.

Cara untuk ‘memiliki’ pohon tersebut sangat mudah, kita hanya cukup mengunjungi hutan dan melihat keindahan kelestarian alam sembari membawa sejumlah alat tulis seperti bolpoint, tali dan kertas karton. Semua alat tulis ini digunakan untuk membuat label nama  yang nantinya akan diikatkan di pohon yang akan kita pilih.

Mau diberi nama Sihar, Udin, Poltak, Joko? Boleeh!!  Atau mau diberikan pesan-pesan puitis/ pohon cinta? Juga boleh!

Namun harus diingat, syarat pohon yang harus dipilih adalah pohon jati yang masih memiliki usia muda, atau yang masih dalam proses pertumbuhan. Mengapa demikian? karena jika pohon tersebut sudah berusai 10 tahun lebih, pohon tersebut akan ditebang dan dimanfaatkan menjadi sumber daya alam masyakat sekitar.

Jadi, kita memiliki waktu yang lama untuk ‘melestarikan’ pohon tersebut 10 tahun ke depan. Bayangkan saja, bagaimana rasanya jika kita ingin mengunjungi pohon tersebut 5 tahun kemudian, pastinya akan nada rasa rindu yang mendalam dan kebanggaan bagi diri kita sendiri, bahwa pohon yang sudah kita tinggalkan tersebut

sudah tumbuh besar dengan sangat kokoh dan perkasa.

Mendidik masyarakat sejak dini dengan mengembangan rasa ingin memiliki dan melestarikannya, sesuatu hal yang tepat untuk diterapkan bagi anak-anak kita sejak dini. Mereka akan merasakan bagaimana rasanya memiliki tanggung jawab besar untuk melestarikan hasil alam yang kita miliki. Meski ini hanyalah sebuah simbolisasi, namun sentuhan jiwa dan rasa memiliki dengan cara ini sangat tinggi sekali. Terbukti, dengan adanya program 1 pohon 1 orang ini mampu mengembalikan kesadaran masyarakat sekitar untuk ikut memilikinya, karena kita memiliki tanggung jawab terhadap mereka.

Kesadaran masyarakat tentang lingkungan hidup memang telah tumbuh tetapi masih kurang proaktif untuk melakukan pemeliharaan lingkungan. Karenanya melalui gerakan ini, diharapkan seluruh lapisan masyarakat mengambil bagian tidak hanya pada penanamanannya namun juga pemeliharaannya sampai batas waktu tanaman itu bisa berkembang dengan sendirinya.

Gerakan penanaman dan pelihara pohon, harus terus digelorakan dan dilakukan secara kontinyu pada setiap tahun masa tanam. Dalam waktu 5 sampai 10 tahun mendatang, bangsa Indonesia akan menikmati indahnya bumi Indonesia hijau berseri. – SHR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s