Teknologi Untuk Cek Kehamilan di Daerah Pedalaman

ilustrasi alat kesehatanTau ndak? angka Kematian ibu melahirkan di Indonesia itu masih tergolong tinggi. Sempat baca dari Woman Research Institute bahwa angka kematian ibu melahirkan saat ini mencapai 307 per 100.000 kelahiran hidup. Di Indonesia, saat ini terdapat 13 provinsi yang angka kematian ibu melahirkannya tinggi. Ketigabelas provinsi tersebut di antaranya adalah Papua dan Nusa Tenggara Timur. Padahal target Millennium Development Goals (MDGs) mengurangi angka kematian menjadi 102 per 100.000 kelahiran hidup.

Mungkin, untuk di kota-kota besar tidak begitu banyak kendala jika ingin melakukan pengecekan kesehatan. Gimana dengan kota-kota kecil yang memiliki banyak kendala sarana dan prasarana? Ini menjadi pertanyaan besar bagi banyak orang. Kendala sarana dan prasarana salah satu kendala besar yang perlu dipecahkan, agar angka kematian dapat dikurangi.

Perlu Teknologi!

“Keterbatasan jarak transportasi dan kondisi lingkungan salah satu kendala utama mengatasi masalah kesehatan, maka dibutuhkan sebuah alat pengecekan kesehatan yang dapat dibawa kemana-mana. Bentuknya simple, minimalis dan gampang dibawa kemana-mana, sehinggga daerah manapun dapat dijangkau dengan mudah”.

Sebut saja Healthy Mobile Scan, alat ini dapat membantu sejumlah rumah sakit di daerah yang memiliki keterbatasan alat kesehatan, untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dan kesehatan bagi ibu-ibu hamil. Dengan memperkenalkan alat pemindah tubuh portable, alat ini mampu membantu mendeteksi penyakit dalam lebih awal atau pemeriksaan ibu hamil. Jika biasanya pemeriksaan jantung, organ dalam tubuh dan kehamilan dilakukan di rumah sakit dengan menggunakan ruangan khusus yang harganya super mahal, maka dengan menggunakan alat tersebut tidak akan ada lagi dan harganya akan terjangkau.

Bagaimana bentuknya? Jika digambarkan Healthy Mobile Scan* bisa dibuatkan seperti alat genggam mirip handphone/ portable atau mudah dipindahkan, bahkan dibawa kemana-mana.  Karena menggunakan baterai yang bisa diisi ketika habis, pengoperasiannya pun mudah. Apa sih yang tidak bisa dalam sebuah teknologi, hasil monitoring rontgen yang ada dalam tubuh dapat dipindahkan dalam layar portable yang telah dihubungkan dengan alat scanner. Alat tersebut bisa diarahkan langsung ke organ tubuh atau permukaan perut ibu hamil.

Hasil pemeriksaan selanjutnya akan langsung terlihat di layarnya dan bisa direkam dalam perangkat genggam tersebut. Jikalah alat ini dapat diterapkan di Indonesia, hal ini akan menjadi alat bantu baru bagi dokter dan paramedis di Indonesia terutama yang harus mendatangi pasien-pasiennya. Seperti dokter di daerah terpencil yang jauh dari rumah sakit dan sulit listrik atau dapat digunakan oleh dokter pribadi.

Inovasi ini tidak lain demi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, menurunkan biaya dan memperluas akses masyarakat terhadap layanan kesehatan. Healthy Mobile fungsinya hampir sama seperti USG besar seperti yang digunakan di rumah sakit, klinik atau tempat praktek swasta.

Semoga saja ya Pemerintah dapat menciptakan alat ini, agar dapat lebih memasyarakatkan akan pentingnya kesehatan bagi masyarakat pedalaman.

* Gambar hanyalah ilustrasi semata, tanpa ada keberadaan produk yang pasti

NB: Tulisan ini hanyalah gambaran ide/ kreatif untuk mengatasi kesehatan di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s