Si ‘Flappy Bird’ pun Akhirnya Angkat Bicara

flappy birdsSenang dengan permainannya? Namun belum semua mengenal siapa si pembuat games Flappy Bird. Ya, programmer asal Hanoi, Vietnam ini bernama Dong Nguyen. Berkat burung yang dipasang di berbagai aplikasi permainan ini,  putra pasangan penjual komputer dan PNS ini mendadak kaya dan terkenal. Sayangnya pria yang berusia 28 tahun ini akhurnya membunuh burung mainannya sendiri, dan memunculkan banyaknya burung tiruan di aplikasi mobile phone.

Tak terbayangkan, pria yang berhasil menggaet mata 50 juta orang sedunia ini akhirnya menutup permainan tersebut, dimana sebelumnya pria pendiam ini mendapat kecaman dari para maniak Flappy Birds untuk tidak mencabut permainan tersebut. Nyuyen merasa frustasi dan terancan dari beberapa pihak penggemarnya, terutama menghindari adanya gugatan Nintento, yang dimana pipa hijaunya digunakan dalam games tersebut.

Di Twitter sendiri, hanya ada tiga potong pernyataan yang dibuatnya, yang justru membuat orang tambah penasaran.

flappy birds2

Keingintahuan masyarakat terhadai Nguyen akhrinya membuat majalah Rolling Stone melakukan wawancara ekslusif dengan Nguyen di Hanoi. David Kushner mengupas permasalahan tersebut secara mendalam, terutama mengupas di balik frustasinya Nguyen hingga akhirnya menutup gamesnya tersebut, jika tidak menutup kemungkinan dia sebenarnya bisa meraup lumbung emas bernilai 50 ribu USD per hari.

david kusher

Dalam keterangannya, bahwa Nguyen menceritakan bagaimana iPhone telah memotivasi dirinya untuk membuat aplikasi permainan lewat layar sentuh yang digandrungi banyak orang. Dia benar-benar orang biasa yang melejit dalam waktu singkat. Bahkan orang tuanya baru tahu bahwa anaknya adalah seorang pembuat game saat media menjadikan dirinya berita utama.

Seluruh kisah inspirasi berharga ini dapat menjadi sebuah pelajaran bagi kita semua, terutama era sosial media yang melejit sangat besar di dunia ini. Sepertinya dunia bisnis digital akan menjadi ladang bisnis besar bagi iPhone dan Google.

Bagi yang tertarik membaca kisanya dapat melihat di RollingStone.com.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s