Persaingan Para Bintang Sepak Bola Dunia di Dunia Periklanan

fifa 2014

Menjelang Piala Dunia, tak sedikit merek yang memanfaatkan momen pertandingan sepak bola dunia ini sebagai upaya pemasaran bisnisnya. Jika Samsung telah merilis “The Beginning” untuk produk Galaxy 11, Nike pun tak mau ketinggalan momen ini.

Merek apparel olahraga ini merilis iklan yang menampilkan Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, dan Neymar, dengan  judul “Risk Everything”. Sesuai judulnya yang menegangkan, iklan berdurasi 60 detik ini menampilkan adegan ketegangan bintang-bintang tersebut dalam mempersiapkan pertandingan piala dunia.

Adegan dibuka dengan derap suara langkah sepatu Ronaldo yang melintasi sebuah ruangan. Masih dengan latar suara langkah Ronaldo, adegan berpindah menyoroti Wayne Rooney yang sedang bersiap memakai kostum jas. Di tempat lain, ada Neyman yang berpose memandang ke luar jendela mobil yang riuh dengan para pendukung tim sepak bola Brazil.

Dalam iklan tersebut diperlihatkan bahwa setiap pemain memiliki tantangannya masing-masing untuk menjadi seorang legenda. Apakah Wayne Rooney akan mencetak gol untuk Inggris? Apakah Neymar pantas menyandang nomor punggun 10 kebanggaan Brazil? Dan Siapakah yang bisa membawa Portugal ke kejuaraan dunia selain Ronaldo? Pertanyaan-pertanyaan menantang seperti itulah yang kira-kira iklan ini ingin tampilkan kepada khalayak.

Tentu untuk menjadi seorang legenda, seseorang harus merisikokan segalanya, itulah inti pesan iklan ini. Para pemain bermain di tempat yang berisiko karena mereka tahu momen besar biasanya muncul dari sebuah upaya mencoba sesuatu yang luar biasa. Pikirkan tentang tendangan overhead Zlatan tahun lalu, atau gol Rooney akhir pekan lalu. Momen-momen tersebut tak akan terjadi tanpa keberanian untuk mengambil risiko.

Terlepas dari pesannya, iklan Nike kali ini terkesan muram dengan tampilnya logo tengkorak di bagian penutup. Padahal adegan dalam iklan sendiri sudah mewakili pesan yang ingin disampaikan. Dengan adanya logo tersebut justru terlihat berlebihan. Tidak jelas juga, apakah logo tengkorak tersebut nantinya akan tampil dalam produk terkait iklan ini.

Nike memang bukan salah satu sponsor resmi piala dunia, tapi merek apparel olahraga ini gemar membuat iklan seputar piala dunia seperti yang dilakukan pada tahun 2010 dengan iklan “Write the Future”. Karena bukan sponsor resmi, maka dalam iklannya tak dipaparkan secara eksplisit bahwa iklan ini untuk menyambut Piala Dunia. Tapi, jelas kita bisa menebak apalagi kalau bukan dalam rangka eventpertandingan sepak bola global tersebut.

Iklan Nike “Write the Future” sendiri banyak ditonton dan meraih kesuksesan melebihi iklan sponsor resmi Piala Dunia, Adidas. Apakah iklan Nike pada Piala Dunia tahun ini juga akan sesukses empat tahun lalu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s