Asal Usul “I Stand On The Right Side”




kubu jokowi and Prabowo

Pendukung Jokowi pasti sudah tahu dengan kata-kata “I Stand on The Right Side” bahkan fenomena ini merambah sangat cepat ketika pengumuman nomor urut capres dan cawapres oleh KPU. Sejak diumumkannya penggunaan kata ini, rata-rata para pengguna Social Media terutama Facebook dan BBM menggunakan ikon ini. Siapapun yang menciptakan kata sederhana ini terbilang sukses untuk membangkitkan pencitraan Jokowi.

Meski demikian icon “I Stand on The Right Side” ini juga dipakai oleh pasangan Capres dan Cawapres No.urut 1 yaitu Prabowo – Hatta. Namun isinya bukan seperti pasangan Jokowi melainkan slogan “Pilih Satu Karena Saya Cinta Indonesia” Bagimana perang icon ini muncul secara serentak di Social Media.

i stand

Meski tidak diketahui siapa sebenarnya pencetus slogan tersebut, namun secara tidak langsung slogan/ icon tersebut menjadi ranah pribadi masyarakat untuk menentukan siapa Capres yang akan dipilihnya. Slogan kampanye “I Stand on The Right Side” meroket di posisi teratas meninggalkan semua jenis kampanye di dunia. Paling sedikit ada 26.673 dukungan dan tiap detiknya terus bertambah, yang ditujukan mendukung calon presiden nomor urut dua dengan memasang pita yang dibuat di Twibbon.com. Terdengar kabar bahwa  Joko Anwar dan Ernest Prakarsa yang pertama memulai menggunakan format icon “I Stand on The Right Side”. Format avatar dukungan nomor dua ini di linimasa Twitter disebutkan dibuat pertama kali oleh akun Twitter “@monstreza”. bahkan kampanye yang dibuat melalui Twibbon.com juga dibuat dua orang lain di Twibbon.com. Mereka adalah akun noldymusaid yang sudah dipakai 1.542 pendukung, kemudian akun Indra Chandra yang dipakai 1.477 pendukung.

jokowi

Sebelum icon Jokowi-Jusuf Kalla merebak di social media, kubu Prabowo-Hatta lebih dulu membuat kampanye dukungan tersebut yang dibuatk oleh kubu PKS dengan judul “Prabowo – Hatt#1”. Kampanye ini berhasil menggaet sekitar 3 ribu dukungan yang menggunakan logo mirip Garuda Pancasila yang ditengahnya tercantum nomor satu. Bahkan kubu Prabowo – Hatta menyediakan design mentahnya berupa adobe ilustrator, PNG, Vector dll yang dapat diubah sesuai keinginan pendukungnya melalui website www.selamatkanindonesia.com, bahkan kubu Prabowo juga mempromosikan segala kampanyenya di www.tokogerindra.com Cukup unik walau terkalahkan dengan fenomena Jokowi – Jusuf Kalla “I Stand on The Right Side”.

Samping-1

Memang perang senyap tanpa kata-kata, hanya dengan gambar avatar dengan pita dukungan twibbon, tampak kubu Prabowo-Hatta kewalahan. Fenomena gambar diri dengan pita dukungan ini, telah menaikkan level pertarungan di media sosial, tak lagi mengandalkan kata-kata saling umpat dan saling hardik. Kedua kubu telah mengetahui bagaimana meningkatkan branding di social media dan mengajak masyarakat untuk menggunakan icon tersebut sebagai lifestyle mereka.

Ambil sisi positifnya aja ya dari kegiatan ini! Salam Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s