Digital Marketing Agency or Brand? Mana Yang Cocok Bagi Kamu

agency vs. client

Ketika kamu sudah menguasai sebuah konsep digital marketing, lalu berikutnya kamu akan berfikir ‘Apakah saya harus bekerja dari sisi agency atau ikut si client?’ Keduanya akan memberikan sebuah pengalaman pekerjaan yang berbeda. Pasti dong, setiap perusahaan memberikan sebuah pengalaman kerja yang berbeda terutama dari bisnis. Agency maupun Brand, biasanya memiliki tolak ukur karakter bervariasi, mulai dari tantangannya dan manfaatnya. Di bawah ini saya akan memberikan gambaran kepada kamu berdasarkan pengalaman karir yang telah saya jalani selama ini. Pilihan yang saya berikan dibawah ini, akan membantu kamu menemukan hal yang paling cocok sesuai dengan kepriadianmu.

  1. Dimana Paling Memungkinkan saya Akan Mengembangkan Kreatifitas?

be creative

Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja di sebuah brand atau agency, kamu terlebih dahulu harus mendefinisikan apa pentingnya sebuah kreativitas bagi kamu. Pasalnya kedua jenis pekerjaan ini menawarkan kreativitas dalam cara yang berbeda. Pada dasarnya dimanapun kamu memutuskan untuk bekerja, ini tergantung pada jenis peruntukan kreativitas yang kamu cari. Mari kita lihat yang diberikan sebuah brand ataupun perusahaan tawarkan dalam hal kreativitas. Sebuah Agency ataupun Brand menyediakan lingkungan kerja yang memungkinakan kamu untuk mendapatkan kreatifitas dengan berbagai mereka

Agency – Sebuah perusahaan yang menyediakan lingkungan kerja bagi Anda untuk memungkinkan kamu mendapatkan berbagai kreatifitas dengan berbagai merek dalam lingkungan kerja dan dituntut untuk berpikir cepat. Di agency pada dasarnya kamu diminta untuk menjual ide ataupun gagasan yang kamu miliki untuk brand tersebut. Kamu bisa ambil satu proyek baru atau yang sudah berjalan, kemudian kamu mengkombinasikannya dengan ide kreatif baru. Kamu tidak akan tahu kedepan akan brainstorming sebuah  perusahaan sepatu, dan bisa jadi kedepannya lagi kamu akan bekerja untuk mengembangkan perusahaan perpajakan. Jika kamu tertarik di sebuah industri kreatif digital yang besar dengan berbagai kreatif jenis perusahaan, mungkin pekerjaan ini yang cocok kamu lakukan.

Perfect for you if : kemampuan kreativitasmu dapat mengembangkan brand-brand baru dan menghasilkan ide-ide besar.

Brand – Bekerja untuk sebuah brand memungkinkan kamu untuk memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang target audiens kamu yang tidak bisa dilakukan oleh agency. Ini berarti kamu harus bisa berpikir panjang ke depan mengenai strategi yang kamu miliki. Kamu akan bekerja keas hanya untuk satu brand dan berusaha untuk mencapai satu buah misi sesuai dengan KPI, meski kamu memiliki banyak aktivitas dalam kegiatan brand tersebut. Jika kamu memiliki kemampuan untuk membentuk dan membangun pola komunikasi dari brand perusahaanmu, serta mampu mempertahankan kreatif brand serta mengontrol berbagai kampanye yang kamu miliki, kamu bisa bekerja di perusahaan ini

 Perfect for you if: Jika kamu memiliki ketrampilan dan pemikirain strategi kreatif untuk jangka panjang, serta mampu mengetahui siapa konsumen kamu serta mampu meningkatkan pertumbuhan sebuah brand, maka kamu cocok bekerja di sini.

  1. Dimana Saya Harus Memperdalamnya?

learn

Sekali lagi apa yang kamu pelajari di ageny dan brand sangat bervariasi, sertau bergantung pada sifat dari bisnis kamu bekerja, dan untuk siapa? Keterampilan dan pengetahuan yang kamu peroleh di agency dan brand serupa tapi tak sama. Mari kita lihat beberapa hal perbedaan yang menonjol antara dua bidang ini.

Apa yang Anda akan Pelajari di Agency:

Client Management – Kamu akan mendapatkan keterampilan secara interpersonal dari cara membangun hubungan kerjasama dengan klien untuk membantu serta memenuhi harapan mereka.

Timekeeping Skills – Sebagian besar agency dibayar dari hitungan per jam, sehingga kamu akan belajar bagaimana bertanggung jawab atas waktu, bagaimana kamu memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk menghasilkan kreatifitas ataupun ide.

Problem Solving – Bekerja di agency kamu akan dipaksa untuk berpikir dan bekerja cepat it means kamu akan belajar berbagai keterampilan untuk menghadapi pemecahan masalah dengan konsep kreatif.

Multi-tasking – Kamu akan belajar bagaimana untuk menghadapi berbagai variasi konsep client dalam waktu bersamaan, sementara kamu juga harus meningkatkan standar kualitas kerja.

Presentation Skills – Sesering mungkin kamu akan mempresentasikan berbagai ide-ide kreatif untuk bagi si client, yang pastinya akan mengasah pola komunikasi verbal kamu.

Apa yang Anda akan Pelajari di Brand:

Strategy – Kamu akan belajar bagaimana membuat visi jangka panjang dan strategi pemasaran digital untuk produk kamu sendiri.

Brand Positioning – Kamu akan mengembangkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat mengembangkan merek dan posisi produk kamu.

Measurement & Iteration – bekerja dengan brand memungkinkan kamu untuk mendalami tolak ukur produk kamu dalam jangka panjang, tentunya kamu akan  belajar melakkukan pementaan terhadap metriks produk untuk membuat strategi bisnis dalam jangka panjang.

Hitting KPIs – Kamu akan belajar bagaimana mengatur, mengukur KPI kamu di jangka panjang serta membantu pertumbuhan bisnis kamu dan achieve its objectives.

Audience Analysis – Bekerja untuk sebuah brand akan memungkinkan kamu melakukan berbagai penelitian lebih dalam dan terus-menerus mengenai audiens, termasuk melakukan survei, wawancara dan penelitian sosial media.

3. Dimana Peluang Saya Untuk Mendapatkan Uang?

money money

Meskipun point ini tidak harus menjadi pendorong untuk memilih pekerjaan, namun biasanya penghasilan sering sekali menjadi salah satu faktor dalam keputusan kamu untuk bekerja. Sekali lagi faktor gaji sangat bervariasi dan tergantung dari jenis perusahaan yang akan kamu jalanin. Jika kamu memilih bekerja di sebuah perusahan start-up, kamu mungkin akan dibayar sedikit lebih kecil daripada jika kamu bekerja di perusahaan.

Agency – Agency biasanya memiliki gaji awal lebih rendah dibandingkan di perusahaan brand. Untuk sebuah agency, pengalaman adalah salah satu faktor penting untuk mempertimbangkan berapa sallary yang akan kamu terima. Namun dikarenakan perusahaan digital membutuhkan tenaga yang benar-benar profesional, beberapa digital agency akan melihat qualification yang dimiliki oleh individu , yang tentunya akan berpengaruh terhadap sallary yang kamu peroleh.

Perfect for you if: Jika ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, kamu harus banyak belajar dan mempelajari berbagai source dunia digital.

Brand- Brand biasanya akan membayar sallary lebih tinggi dari Agency. Tentu saja, perusahaan-perusahaan besar sering membayar karyawannya lebih besar dari perusahaan start-up maupun kecil. Namun jangan salah, usaha bidang kecil dan start-up memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan dari kontrak ataupun project digital yang dikerjakannya. Karena perusahan agency membutuhkan bakat dan daya kreativitas yang tinggi. Jika kamu memilih bekerja di sebuah Brand, maka pastikan bahwa kamu mendapatkan sallary yang pantas.

Perfect for you if: Kamu ingin mendapatkan sallary yang langsung besar.

  1. Dimana saya akan dapat kemajuan dan pengembangan Karir?

progress career

Agency – Perusahaan agency digital di dunia saat ini bergerak sangat cepat termasuk penghasilan omset yang mereka milikia, dan turnover karyawannya juga sangat besar. Karena peluang di perusahaan agency memberikan peluang yang cukup besar untuk meningkatkan karirmu di perusahaan lainnya. Namun kamu mungkin akan menghadapi berbagai persaingan yang ketat dengan orang-orang yang juga memiliki bakat yang sama termasuk posisi yang selalu kamu dambakan.

Brand – Bekerja untuk Brand sangat bervariasi dalam hal kemajuan karir. Terkadang kamu harus menunggu manajer kamu mundur baru kamu akan naik. Di sisi brand jika ingin pindah pekerjaan kemungkinan besar kamu akan mendapatkan jenis pekerjaan dan bisnis baru. Jika kamu ingin pindah dan meniti karir cepat, mungkin kamu harus punya referensi lainnya mengenai peluang dan career progressions plan, agar nantinya kamu tidak terjebak dan salah mematok ukuran sallary yang ditawarkan. Bisa jadi perusahaan akan mempertimbangkan sesuai dari keahlian yang kamu miliki di perusahaan sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s