About Me

 

PicsArt_1411140371257

Just call me Sihar, completly Sihar Harianja.

Saya darah keturunan Batak, 9 September 1981. Selama ini saya kerkecimpung di dunia pekerjaan “Communication Minded” dan Multi Talent Communication. Slogan ini saya ambil untuk menepis bahwa Ilmu Komunikasi memiliki berbagai bidang pekerjaan yang luas, tergantung dari kita cara menjalankannya.

10 Tahun saya sudah berkecimpung di dunia komunikasi (Broadcasting, Jurnalistis, PR, Marketing Communication). Awal menjajaki Ilmu Komunikasi saya jalanin di kursi kuliah 1999 di UPN “Veteran” Yogyakarta. Tidak banyak yang saya peroleh di kuliah ini, tahun 2000-2004 saya sudah magang dan bekerja di radio UNISI Yogyakarta sebagai penyiar dan reporter. Namun piringpun menyambut, masa itu juga saya dipercayakan sebagai Koresponden Kantor Berita Radio 68H Jakarta untuk wilayah Yogyakarta hingga tahun 2004.

Posisi koresponden, reporter dan penyiar merupakan mujijat yang bisa saya rasakan karena saat itu posisi saya masih mahasiswa.

Tahun 2004, akhirnya saya beralih dan beralih ke dunia televisi. Saya bekerja di salah satu jaringan televisi lokal terbesar di Indonesia yaitu jaringan Bali Post Group yang dipimpin oleh Bpk. Satria Narada. Dimana saya ditempatkan di Jogja TV. Awalnya hanya sebagai reporter, namun 4 bulan kemudian saya dipercayakan menjadi produser pemberitaan. Hingga seiring berjalan saya ditugaskan menjadi Produser dan Redaktur Pelaksana pemberitaan, plus sekaligus menjadi penyiar program dialog yang saya produserin sendiri selama 3 Tahun. Penghargaan dan pengalaman dan persahabatan berharga saya alami di tempat ini. di sini, saya bertanggung jawab terhadap semua proses produksi pemberitaan yang ada termasuk angle dan topik pemberitaan yang diangkat di pemberitaan. Hingga menangani topik-topik penting seperti kasus, bencana dan isu nasional.

Tahun 2008, saya masih bekerja di Jogja TV namun pertengahan tahun saya diajak menangani salah satu konsultan PR untuk memegang PR Manager Media Center salah satu Partai Politik. Waktu itu saya dibawa langsung oleh Ibu Amelia Yani, Putri dari Pahlawan Revolusi Jend.A. Yani. Meski demikian, seiring mendekati pemilu dan pekerjaan semakin besar, akhirnya saya memilih salah satu yaitu dengan melepas pekerjaan saya di Jogja TV dan melanjutkan pekerjaan saya di menangani Partai Politik di kantor pusatnya di Jakarta. Tempat ini saya menangani berbagai program campaign politik, media relation, event, entertainment, iklan hingga membangun komunikasi politik issue untuk dapat dijadikan sebuah informasi penting bagi masyarakat. Sebelum akhir dari politik, saya salah satu tim pemenangan pak SBY – Boediono untuk menjadi capres kedua kalinya.

2009, usai partai politik saya bekerja di salah satu konsultan HR, PR dan Management Perusahaan. Menempati Managing Partner saya menangani berbagai project komunikasi dan management perusahaan dan business development. Mulai dari event, media relation, sistem management perusahaan, service excellence, Internal Communication, social media bahkan Human Resources, Survey Industrial Company. Beberapa client yang tangani diantaranya adalah PLN Pusat, PLN Cilegon, PLN Batam, PLN Kudus, Patra Jasa, HSBC dan beberapa perusahan multinasional lainnya.

2011-2012, saya bukan lepas dari Delanit Consulting, namun saya juga bergabung juga menjadi Senior Associate PR di Indo Cognito. Saya di sini sembari menangani beberapa konsep pengembangan komunikasi, public affair, media relation, press release, event communication, media gathering, press conference, social media. Beberapa client yang saya tangani diantaranya adalah: FOX International Channels (Fox Channels, NatGeo Star Channels Ect), GE (General Electric) Corporate, GE Healtare, hotels.com, PT. Anchora, PT. Fonterra Brand Indonesia (Anlene, Bonetto),

2011 – Present, Saya pindah haluan terjun ke perusahaan retail, yaitu PT. Columbindo Perdana atau biasanya yang memiliki brand dengan nama Columbia.  Saya dipercayakan menjadi Social Media, Ecommerce and Business Development Manager columbia.co.id. Sebagai  Founder situs online store perusahaan yang sudeh berdiri selama 30 tahun tersebut, adalah merupakan kebanggaan tersendiri dalam pekerjaan saat ini. Tidak itu saja, saya dipercayakan mengelola pola komunikasi perusahaan, pengembangan branding, promotion, selling semuanya melalui satu media yaitu social media, serta mengembangkan pola bisnis perusahaan di dunia maya dengan menggabungkan pola bisnis di konventional/ showroom.

2011 – Present, saya dipercaya menjadi Senior Consultant Internal Communication PT. Pertamina (Persero). Segala pola dan bentuk komunikasi di internal SDM Pertamina menjadi tanggung jawab kami, agar dapat sukses dan diterima di seluruh karyawan Pertamina sendiri.

Sembari berjalan, saya masih tetap menangani sejumlah project komunikasi di luar dari pekerjaan saya saat ini. Beberapa client saya berasal perusahaan MIGAS, Retail, Food and Baverage, Hotel, masih mempercayakan saya untuk menangani sejumlah pengembangan pola komunikasi perusahaan, baik internal maupun eksternal.

2013 – Presents, saat ini saya bekerja sebagai Senior Digital Manager di salah satu perusahaan mobile content di Jakarta.  Urusannya semua sama, lagi-lagi berhubungan dengan content digital

***

Belajar dengan cepat dan berfikir ke depan adalah salah satu pola pikir untuk dapat menghadapi dunia kreatif dan pekerjaan saat ini. Jangan lupa, selalu berdoa dan menyerahkan diri kepada Tuhan adalah kunci dari segala kesuksesan yang ada.

Founder and Strategic

  1. http://www.columbia.co.id
  2. http://www.shootyourdream.com
  3. http://www.tokofans.com
  4. http://www.thebagus.com
  5. http://www.kopisiantar.com
  6. http://www.masto.id

PENGHARGAAN:

  1. 2008  : International TV Documentary Program Asia Pacific,  Yogyakarta
  2. 2006  : Appreciation “Alumnus great attention for University”, Yogyakarta
  3. 2013  : 1st Winner Blog Competition, INDOSAT
  4. 2013 : 1st Winner, Blog Competition, SARIHUSADA

MY PROJECT AND COMMUNICATION CONSULTANCY:

Brand/reputation building, Speechwriting and copywriting, Crisis communications training, Employee newsletters and events, Rewards and motivational programs, Product launches, Conferences and exhibitions, Customer/trade events, Promotional support, Company/industry research, report and analysis, Press releases and interviews, Press conferences and briefings, Editorial visits, Opinion editorials and advertorials, Media monitoring and analysis, Media handling skills, Social Marketing Communications, Social Media and Ecommerce:

  1. PT. PLN Pusat,  PT. PLN Batam, PT. PLN Kudus, PT. PLN Semarang
  2. Fox International Channels (FIC)
  3. Hotels.com
  4. GE Corporate, GE. Healthcare
  5. HSBC
  6. Patrajasa Hotel
  7. Fonterra Brand Indonesia (Anlene, Bonneto, Anmmum)
  8. KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)
  9. AQUA
  10. dll