Panduan Strategis Tanya Jawab Untuk Menjadi Social Media Marketing

12StepsSuccessInfo

 

Kali ini saya mau mengangkat seputar bagaimana kunci sukses kamu agar diterima di perusahaan menjadi seorang social media marketing. Banyak sekali perusahaan tidak menempatkan posisi yang tepat seorang social media marketing di perusahaanya, selain tidak memiliki landasan dasar yang tepat untuk merekrut seorang social media, atau kembali ke kamu yang tidak siap menghadapi sejumlah wawancara yang baik.

Jika kamu ingin mengejar karir di bidang social marketing/ strategy namuntidak merasa cukup percaya diri, kamu bisa mengambil latihan di social media misalnya kamu bisa buka www.lynda.com. Kamu bisa melihat beragam pelatihan yang sesuai dengan bidang kamu. Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan hal yang muncul sering saya temukan dan saya pergunakan untuk merekrut seorang social media marketing. Saya akan memulai hal-hal teknis mengenai kebutuhan yang penting dalam sebuah pekerjaan di social media, termasuk hal-hal yang harus dan tidak kamu lakukan.

Bagaimana kamu menggunakan media sosial sebagai alat untuk layanan pelanggan?

Social Media adalah jaringan yang hebat untuk melayani pelanggan karena kamu dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung, menggunakan analisis untuk melihat bagaimana mereka menanggapi konten, dan menemukan influencer untuk chatting dengan dan membawa ke jaringan social media kamu ke platform socal media lainnya. Sebagian besar pekerja social media melempar kontent ke pembaca yang dapat diterima ‘dikonsumsi’menjadi informasi publik ke pelanggan kamu.

Bagaimana kamu mengukur pengembalian sosial atas investasi (ROI)?

Gunakan alat ukut konversi seperti Facebook and Optimized CPM. Website kamu juga sudah memiliki analisis untuk dapat melihat ROI (Return on Investment) melalui internal website kamu, atau mendaftarkan ke sejumlah layanan traffic yang ada seperti Alexa atau Google Analytics. Sejumlah social media platform seperli LinkedIn juga memiliki layanan analisis tersendiri.

Langkah-langkah dasarnya hampir sama seperti clicks, likes, shares, purchases, change in attitude, dll.

Apa manfaat dari platform seperti Hootsuite, TweetDeck, dll?

Jika belum tahu layanan ini, coba deh kamu mampir sebentar ke situsnya untuk melihat berbagai feature yang ada di dua situs ini. Ada berbagai layanan feature yang dapat kamu temukan di sini dan kamu tidak harus mengetahuinya, minimal kamu dapat memahami apa bedanya dan fungsinya dibandingkan dengan Twitter. Terutama kamu harus memahami Hootsuite, platform ini merupakan salah satu social media management dashboar yang paling sering digunakan untuk melihat analisis/ traffick social media kamu.

tweetdeck-user-interface-screenshot

Hootsuite memberikan layanan dashboard social media, sehingga kamu dapat mengelola semua channel kamu dalam satu tampilan termasuk jadwal tweet, track analytics, menemukan pelanggan potensial, dan dapat berkolaborasi dengan followers lainnya. TweetDeck pada dasarnya sama namun hanya dikhususnya untuk Twitter. TweetDeck alat tracking Twitter yang paling hebat untuk melakukan real time tracking, organizing, and engagement

hootsuite-dashboard-analytics-screenshot

SproutSocial SproutSocial adalah management tools yang kuat dan cocok digunakan untuk bisnis Anda. SproutSocial menawarkan fitur single stream inbox, yaitu fitur yang akan memastikan Anda tidak akan ketinggalan pesan di sosial media Anda. SproutSocial juga menawarkan fitur untuk penjadwalan postingan di Facebook, Twitter dan LinkedIn. Platform ini juga memiliki alat monitoring dan analisa yang dapat membantu Anda memvisualisasikan metriks yang penting.  Memang banyak platform yang tersedia selain layanan diatas, namun jika kamu menguasainya berarti perusahaan tersebut memilik kepercayaan kepada kamu untuk dapat sukses menjalankan social media platform. Status kamu bukan lagi mencoba mempelajarinya, melainkan sudah merupakan senjata kamu untuk sukses menjadi social media marketing and strategy.

sproutsocial-interface-screenshot

Apa manfaat dari Facebook vs dengan Fanpage?

di Facebook ada dua Jenis layanan lainnya yang disediakan oleh facebook dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Facebook Profile adalah Facebook yang kita pakai setiap kita facebookan, Facebook Profile berisi data data pribadi kita, berisi data data pribadi pengguna facebook, yang bisa digunakan sebagai media berniteraksi dengan pengguna facebook lainnya. Dua Layanan lainnya yang saya maksud adalah Group Facebook dan Fan Page Facebook atau Halaman Penggemar Facebook.   Fan page  facebook adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya. Beberapa orang ahli pun pasti memiliki pengertian fan page facebook sendiri sesuai dengan apa yang mereka pelajari. Apa manfaatnya untuk bisnis online? Manfaat Fan Page Facebook adalah untuk mengumpulkan prospek (fans) sebanyak-banyaknya dan kemudian kirimi pesan-pesan marketing untuk menghasilkan penjualan.  Dengan semakin banyaknya jumlah Fans / penggemar halaman / page facebook anda, maka akan semakin besar pula peluang anda mendapatkan uang.

Jika kamu belum mengenal layanan ini, perusahaan akan melihat bahwa kamu memiliki strategi jauh dibawah standard.

Bagaimana kamu bisa memanfaatkan YouTube untuk mempromosikan sebuah brand dan meningkatkan awareness?

Orang biasanya lebih suka melihat konten video asli yang fun dan sifatnya shareable, dimana isi konten video sejak awal lebih menekankan pada sisi cerita dan bukan pada promosi. Orang akan lebih suka berbagi video jika video tersebut menakjubkan dan pantas untuk ditonton. Hingga akhirnya, konten video tersebut akan terhubung ke semua platform jaringan social media lainnya, dan secara paralel promosi video anda akan tersebar di seluruh platform jaringan social media lalinnya, kamu akan mendapatkan nilai plus untuk segi pemasaran. Contoh video Dollar Shave Club, video ini sangat bagus dan lucu. Berkat jaringan social media, video inipun menjadi terkenal. Atau kamu bisa melihat contoh-contoh video iklan layanan masyarakat dari Thailand di Youtube.

Untitled

Pertanyaan Mengenai Kamu

Apa jenis kampanye social media yang kamu produksi dan/ atau kelola?

Pekerja sosial media sering sekali menekankan pembicaraan ini pada sebuah cerita, keterlibatan maupun keterikatan kepada konsumen. Berikan sebuah contoh bagaimana caranya kamu membangun pembicaraan dengan klien ataupun konsumen. Ciptakan sebuah cerita menarik untuk dapat meningkat traffic pengunjung. Setiap konten yang kamu share setidaknya memiliki tiga kriteria keberhasilan mulai dari click, like, reach. Pastikan menyimpan hasil kampanye tersebut, sehingga kampanye tersebut nantinya dapat kamu share ulang pada waktu yang berbeda.

Social Media platform apa saja yang sering kamu gunakan dan mengapa?

Ketika kamu menjawab pertanyaan ini, pergunakan waktu untuk berbicara mengenai social media platform yang kamu kuasai, dan sebutkan studi kasus yang pernah kamu kerjakan. Walau bagaimanapun,  kamu harus menyebutkan semua platform social media secara detail berikut dengan kekuatannya. Bicaralah mengenai bagaimana twitter is best for conversations, Facebook is great for advertising. Linkend is best for recruiting and sharing career-related articles, dan bagaimanapun juga Google+ jangan diremehkan untuk membangun sebuah komunitas

Seberapa besar pengetahuan dan pengalamanmu mengenai SEO?

SEO merupakan salah satu nilai plus maupun hal yang mutlak bagi seorang pekerja social media, karena perusahaan selalu ingin konten mereka berada pada peringkat setinggi mungkin d pencarian google. Jelaskan bagaimana media social mampu meningkatkan sebuah traffic yang tentunya mampu meningkatkan Key Performance Indicator kamu. Bangunlah konten yang shareable, serta menekankan pada kata kunci dan konten yang diciptakan, dan harus selalu melekat pada jenis brand yang kamu miliki. Bicaralah selalu bagaimana SEO salah satu faktor penting dalam meningkatkan strategi social media, terutama bagaimana kamu menggunakannya pada pekerjaan sebelumnya.

Apa keterbatasan kamu dalam menjalankan platform sosial media? Bagaimana cara kamu mengatasinya?

Kamu hanya bisa menjawab ini dengan mengatakan bahwa kamu menggunakan platform yang berbeda untuk melengkapi keterbatasan jangkauan dari masing-masing platform. Ini bukan jawaban yang buruk lho. Bahkan bisa menjadi bagian dari jawaban yang terbaik. Namun, kamu harus tahu bagaimana mengatasi atau setidaknya berurusan dengan keterbatasan pada platform media sosial. Misalnya, Facebook memiliki keterbatasan jangkauan untuk content yang gratis. Salah satu cara untuk mengatasi ini di Facebook adalah dengan menggunakan metode email blass/ email marketing dan berbasis langganan. Secara tidak langsung kamu dapat menarik orang ke halaman kamu dengan share link fanpage kamu. Jika kamu memiliki sebuak anektod/ sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik akan sangat menarik untuk dishare.

Apa blog media sosial favorit kamu?

Ini adalah pertanyaan lain,  dan perlu ditegaskan di sini tidak ada jawaban yang tepat dan salah. Kamu hanya perlu menguasai apa isi blog pilihan kamu tersebut, dan jelaskan juga mengapa kamu memilih situs/ blog tersebut sebagai favorit kamu. Jika Anda tidak pernah mengikuti sejumlah blog, coba browsing beberapa blog sehingga setidaknya kamu lebih siap untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Seberapa sering kamu aktif di social media dan berapa banyak orang yang terhubung dengan kamu?

Kamu tidak perlu memiliki banyak followers seperti Justin Bieber atau seperti pengamat favorit saya Gary Vaynerchuck untuk mengesankan pimpinan kamu. Namun, setidaknya kamu harus menunjukan beragam aktivitas lebihmu di jaringan media sosial harus dan tunjukan aura yang menarik dari kamu untuk meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi di jaringan social media.

gary-vaynerchuk-website-screenshot (1)

Apa jenis keterampilan / kualitas yang perlu kamu miliki untuk menjadi Community Manajer?

Seorang Community Manager harus mahir di sebagian besar jaringan social media, serta menguasai social media management tools. Kamu juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang profesional, likeable dan organized. Perusahaan juga akan memberikan nilai lebih bagi kamu, jika memiliki latar belakang pernah melakukan analisis terutama analisis yang berhubungan dengan jaringan social media.

Bagaimana kamu menangani krisis sosial media?

Pastikan kamu harus merespon pertanyaan ini dengan cepat. Semakin lama kamu mengambil keputusan, semakin besar kesalahan kamu untuk memberik kepuasan bagi konsumenmu. Pastikan selalu  menyampaikan permintaan maaf secara jujur dan tulus. Jika tidak, akan semakin boomerang bagi perusahan. Pastikan kamu harus merespon semua keluh kesah ataupun komplain dari konsumen di semua platform social media yang kamu miliki.

Apakah ada update platform sosial media yang harus diperhatikan?

Hal ini terserah kamu, namun perlu kamu pertimbangkan untuk mengetahui bagaimana sebuah Pinterest saat ini mulai berkembang. Tidak hanya bicara mengenai Facebook, Twitter, Path, Instagram saja. Kamu mungkin sudah sering melihat tombol share “Pin It” di sejumlah artikel, maupun di Youtube, nah hal ini perlu kamu pelajari. Kamu mungkin juga tidak terlalu paham mengenai Vine, platform ini juga belakangan mulai berkembang di sejumlah negara. Cobalah lebih mengekslporasi sejumlah platform social media yang sedang trend saat ini.

pinterest-board-samples-screenshot

Trik apa saja yang perlu kembangkan di di Twitter?

Selalu menggunakan hashtags dan mention! Melakukan trik ini akan berarti lebih banyak orang yang melihat tweet dan retweet kamu. Ada mungkin beberapa followers ataupun yang kamu follow yang memiliki pengaruh besar untuk kampanye kamu.Twitter adalah alat yang hebat untuk membangun diskusi/ pembicaraan dengan pelanggan, dan balaslah tweet mereka sebanyak yang kamu bisa. Selalu gunakan Hastag untuk menghubungkan percakapan dengan topik yang sedang kamu bahas.

Apa pendapat kamu dengan Google+? Bagaimana seharusnya digunakan dalam strategi social media?

Jangan remehkan Google+ bahkan jika bukan bagian favorit kamu dari strategi sosial media.  Bahkan jika orang yang mewawancarai kamu, dan menganggap Google + bukan platform yang berharga dibandingkan dengan Facebook dan Twitter, maka mereka tidak ingin bekerja dengan seseorang yang tidak mau mengintegrasikannya media strategi kamu ke semua platform social. Kamu harus menjelaskan bahwa Google+ adalah salah satu sumber platform yang besar untuk membangun komunitas.

google_plus-business-communities-screenshot

Platorm Sosial media apa yang telah menginspirasi kamu belakangan ini dan mengapa?

Bicara tentang insipirasi di salah satu platform social media, berarti kamu harus menceritakan bagaimana strategi kamu secara detail untuk meningkatkan awareness mapun konten kamu. Jelaskan bagaimana kamu akan melakukan ini dan menerapkannya dalam konteks pekerjaan yang sedang kamu hadapi dan jika diberi peluang untuk bekerja di perusahaan baru.

Siapa kompetitor kamu di social media di media sosial?

Pertanyaan ini sangat penting untuk menguji pesaing kamu itu seperti apa, terutama jika kompetitor kamu selalu melakukan sebuah eksekusi dengan baik. Jangan takut untuk jujur mengatakan bahwa kompetitor kamu memiliki strategi perusahaan yang hebat dan perusahaan kamu tidak dapat melakukannya. Selalu jelaskan strategi apa saja yang telah dilakukan oleh kompetitor kamu, termasuk jenis kampanye social media mereka.

#JobInterviewSuccess

Panduan sebuah wawancara untuk social media marketing dan strategi hal yang sangat penting bagi kamu, agar si perusahaan dapat mereview ketrampilan komunikasi di pekerjaan kamu saat ini. Hal ini memang sangat krusial bagi sebuah perusahaan, karena membangun dan menampilakan portfolio sebuah wawancara untuk posisi social media sangat sulit. Kamu mungkin memiliki banyak pengalaman kampanye di social media, dan tidak mungkin perusahaan memintanya untuk mengirimkan screenshoot semua kampanye kamu secara detail. Wawancara ini bukan seperti mewawancarai orang dibidang AutoCAD atau arsitektur. Kamu tidak bisa menunjukan role business yang telah dibangun sebelumnya. Inilah sebabnya mengapa pola komunikasi kamu sangat penting untuk mementukan sebuah keberhasilan dalam sebuah wawancara di social media.


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s